اخو العلم حي خالد
أَخُوْالْعِلْمِ حَــــــــــــى خَـــــــــــالِدٌ بَعْدَ مَوْتِـــــــــهِ وَاَوْصَالُــــــــــــــــــــــــــــــــهُ تَحْتَ التُّرَابُ رَمِيْــــــــــــــــــمُ
وَذُوْالْجَهْلِ مَيْتٌ وَهُوَ يَمْشِى عَلَى الثَّــــرَ يَظُنُّ مِنَ
الْاَحْيَاءِ وَهُـــــــــــــــــوَ عَـــــــــــــــــــــــــــــــدِيْمُ
Seseorang yang mempunyai ilmu hidupnya akan kekal bahkan setelah matinya dan jasadnya utuh di dalam tanah
Seseorang yang bodoh ibarat tengkorak yang berjalan diatas bumi dia menyangka dirinya hidup padahal haqiqatnya dia telah mati
.
كما قال الله تعالى : وَلاَ تَحْسَبَنَّ الَّذِيْنَ قُتِلُوْا فِيْ
سَبِيْلِ اللهِ أَمْوَاتًا بَلْ أَحْيَاءٌ عِندَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُوْنَ
﴿أل عمران 169﴾
“
Sebagaimana Firman Alloh Swt :"Janganlah
kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati;
bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezki”. (Ali
Imran 169
وقال النبى صلعم : مررت ليلة أسري بي على موسى قائماً يصلي في قبره نقل من تفسير إبن كثير
Nabi Saw. bersabda : “Aku melewati pada waktu malam aku
diisra’mi`rajkan terhadap Musa yang sedang berdiri shalat di dalam
kuburnya” [ disalin dari tafsir ibnu katsir
وَعَنْ أَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
اْلأَنْبِيَاءُ أَحْيَاءٌ فِى قُبُوْرِهِمْ يُصَلُّوْنَ
Diriwayatkan dari Anas bahwa Rasulullah Saw bersbda: Para Nabi hidup di
kuburannya, mereka melakukan salat" ( dalam Hayat al-Anbiya' fi
Quburihim al-Baihaqi I/72
وقال أيضا صلعم : إنّ الميّت يعرف من يحمله ومن يغسله ومن يدليه فى قبره نقل من تنويرالقلوب ص٤١٨
Dan Sabdanya lagi Saw. :“sesungguhnya mayit ( alim ) mengetahui orang
yang membawanya yang memandikannya dan orang yang meletakkannya ke dalam
kubur” [ disalin dari kitab tanwirul qulub hal.418
وقال القطب
الربّانى سيّدى الشيخ عبدالقادر الجيلانى رضى الله عنه : ونؤمن بأن الميت
يعرف من يزوره إذا أتاه وآكده يوم الجمعة بعد طلوع الفجر فبل طلوع الشمس
نقل من الغنية ص ٦٦
Dan Wali Quthbur Robbaniy Sayyidusy Syekh
Abdul Qodir Al-Jailani Ra. Berkata :“kita juga harus beriman bahwa mayat
( alim ) itu mengetahui orang yang menziarohinya dan ziaroh lebih
ditekankan pada hari jum`at setelah terbit fajar dan sebelum terbit
matahari. [ disalin dari kitab Gunyah Lith Tholibi Thoriqil Haq hal.66
Tidak ada komentar:
Posting Komentar